Kamis, 28 Januari 2010

TUGAS PERBAIKAN UTS HENDRIYANTO (224107026)


PROPOSAL PENELITIAN



Menyusun proposal (rencana) penelitian dapat diibaratkan seperti membuat suatu barang untuk dijual. Artinya, laku atau tidaknya barang tersebut sangat tergantung kepada mutu barang itu dan kelihaian kita dalam menawarkan barang tersebut. Apalagi kalau barang tersebut merupakan hal baru dan yang dibutuhkan oleh masyarakat, konsumen tentu akan tertarik untuk membelinya.

Bahwa hanya rencana penelitian yang bermutu ilmiah dan mempunyai kegunaan tinggilah yang akan diterima oleh masyarakat ilmiah. Apalagi bila rencana penelitian itu dapat menjanjikan hasil penemuan baru yang sangat berguna, baik ditinjau dari segi kepentingan praktis maupun dari aspek ilmu pengetahuan.
Cara penawaran yang menarik juga sangat penting. Dalam arti, bahwa si pembuat rencana penelitian harus dapat meyakinkan pihak yang akan menyetujui rencana penelitian tersebut.

Untuk itu dibutuhkan penguasaan ilmu yang memadai, tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.

Kekecewaan karena rencana penelitiannya ditolak, sering dialami peneliti yang mem­buat rencana penelitiannya secara terburu-buru. Penolakan ini biasanya bersumber pada penguasaan materi yang kurang mendalam, karena si peneliti kurang banyak membaca.

Berbagai komentar yang muncul , misalnya :

· penelitian sudah pernah diteliti orang,
· kurang ada manfaatnya,
· kurang bobot ilmiahnya, dan
· penelitian bersifat mencoba-coba saja.

Dalam hal seperti ini kegemaran membaca pustaka ilmiah, terutama yang memuat hasil-hasil penelitian seperti : journal, bulletin dan laporan-laporan hasil penelitian yang lain, merupakan kegiatan yang mutlak diperlukan bagi seorang peneliti.

Lazimnya sebuah rencana penelitian terdiri dari bab- bab :


(1)                  Pendahuluan,
(2)                  Tinjauan Pustaka,
(3)                  Perumusan Hipotesis,
(4)                  Metode Penelitian.
 
           

Bagian lainnya seperti:

Halaman judul penelitian,
Halaman persetujuan,
Kata Pengantar,
Daftar Pustaka dan
Lampiran.
 
   


 

Bab  Pendahuluan


Bab ini biasanya terdiri dari :
(a)                  Latar Belakang
(b)                  Perumusan permasalahan,
(c)                   Tujuan Penelitian.

Prinsip singkat tetapi jelas berlaku di sini.

Singkat, artinya janganlah menulis hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Jelas, dalam arti jangan sampai terlewatkan hal-hal yang seharusnya ditulis guna kejelasan dari tulisan itu sendiri.


 

Formulasi permasalahan




Penelitian berpangkal dari suatu pertanyaan dari suatu permasalahan yang muncul dari benak peneliti karena "ketidak-tahuan" mengenai suatu fenomena atau gejala.

Misalnya:
Apa yang menyebabkan meningkatnya kriminalitas / kenakalan remaja ?

Mengapa produksi pertanian (dapat juga menyebut salah satu komoditi, misalnya harga gula) tidak mampu bersaing di pasaran dunia?

Jawabannya dapat bersifat teknik, sosial atau ekonomis.


Stimuli penelitian dapat datang dari berbegai sumber: pengamatan, bacaan baik dari buku ataupun sumber-sumber lain misalnya pertemuan ilmiah.

Stimuli penelitian di perguruan tinggi juga dapat juga berasal dari pesanan dari pembuat kebijaksanaan (policy makers) mengenai suatu permasalahan tertentu yang dihadapi mereka.

Seorang mahasiswa yg memulai penelitiannya seringkali menyatakan permasalahan penelitian dengan mengemukakan judul penelitian. Ketika ditanya apa permasalahan penelitian, seringkali tidak dapat menyatakan permasalahan penelitian.


Permasalahan penelitian merupakan justifikasi / alasan mengapa penelitian tertentu perlu dilakukan.

Justifikasi tergantung pada pentingnya permasalahan, sedangkan pentingnya permasalahan dapat ditinjau dari pelbagai aspek.

Problematik penelitian hendaknya juga mencakup bukan hanya "What" tetapi juga dapat mencakup "whom", "where", and "when".

Pertanyaan atau permasalahan penelitian  yang lebih spesifik akan lebih baik karena dapat mengarahkan kegiatan peneltian yang lebih spesifik pula.



Mengapa seringkali sulit dalam formulasi permasalahan ? 

Hal ini dapat terjadi karena kurang menguasai permasalahan dalam bidang itu, atau kekurangan membaca literatur yang sudah ada, disamping pengalaman yang belum cukup dalam bidang penelitian.

Masalah penelitian dapat diperoleh dari dua sumber: dari teori yang sudah ada (ekperimen) dan dari lapangan (survey, pengumpulan data di lapangan setelah dianalisa dan diinterpretasikan harus dikaitkan dengan teori).

Untuk memformulasikan permasalahan seringkali lebih mudah untuk berfikir perbedaan antara "what is" (apa yang terjadi) dan "what should be" (apa yang seharusnya terjadi).     


Permasalahan penelitian yang baik harus memenuhi beberapa syarat:

(1)        relevan dengan waktu timbulnya permasalahan,
(2)        berhubungan dengan problematik praktis,
(3)        dapat mengisi "research gap",
(4)        memungkinkan genelarisasi,
(5)        memiliki ketajaman dalam definisi / pembatasan dari konsep-konsep utama,
(6)        dapat memerbaiki  metoda penelitian bagi peneliti berikutnya.





Tujuan



Tujuan penelitian adalah formulasi apa yang ingin diketahui atau ditentukan dalam melaksanakan penelitian.

Tujuan penelitian bentuk pernyataan, seperti misalnya dengan menggunakan kalimat:

(1). untuk mengetahui . . . . . . .,
(2). untuk memperoleh . . . . .,
(3). …….
(dimaksudkan untuk menyatakan secara spesifik apa yang akan dilakukan dalam penelitian untuk mendapatkan hasil).

            ( ….. PROSES    &  HASIL….. )

 

Kegunaan


Kegunaan penelitian: Manfaat yang dapat diperoleh kalau tujuan penelitian telah tercapai.

Apakah memberikan sumbangan pada khasanah ilmu pengetahuan

atau­kah

Berguna untuk menjawab masalah-masalah pembangunan.

 


Bab Tinjauan Pustaka



Bab ini menguraikan konsepsi dan teori-teori yang relevan dan biasanya diperoleh dari:
Buku-buku teks,
Bulletin, Prosiding
Jurnal, dan
Laporan hasil penelitian lain.

Isinya relevan dengan problem yang diteliti dan berasal dari pustaka-pustaka terbaru.

Uraian dalam bab ini harus dapat memberikan landasan ilmiah tentang :
(a)                  Masalah penelitian,
(b)                  Metode yang dipilih (bila perlu), dan
(c)                   Memberikan landasan ilmiah, mengapa perlakuan yang satu dihipotesiskan (diduga) lebih baik daripada perlakuan yang lain atau mengapa suatu variabel diduga berhubungan dengan variabel yang lain.


Hipotesis



Hipotesis adalah suatu perkiraan atau dugaan “hasil mental” peneliti mengenai fakta-fakta yang diketahuinya atau jawaban sementara mengenai suatu gejala   atau hubungan antara dua gejala empiris.

Fungsi hipotesis:
1.    sebagai dasar penelitian dan pengamatan / observasi.
2.    sebagai alat bantu untuk memperoleh pengetahuan baru, yang pada permulaannya belum dapat dipastikan kebenarannya.


Hipotesis harus didasari suatu landasan teori yang mantap, sehingga dapat terhindar dari hubungan-hubungan palsu.

Teori dapat diangkat menjadi hipotesa, teori tersebut diuji kembali secara empiris dalam suatu lingkungan tertentu. Setelah diuji maka hipotesa tsb dapat mendukung teori atau dapat menolak teori.


Oleh karena itu hasil penelitian  tidak perlu sesuai dengan hipotesa baik hipotesa yang diangkat dari teori ataupun hasil pengamatan empiris di lapangan.




Hipotesis juga dapat merupakan dugaan atau pendapat sementara terhadap masalah penelitian, yang kebenarannya harus dibuktikan melalui penelitian.

Tidak semua penelitian bertujuan untuk membuktikan kebenaran hipotesis, tetapi untuk penelitian yang bersifat eksperimental pada dasarnya memang bertujuan demikian.

HIPOTESIS bila dipandang perlu dapat dihilangkan (tidak ditulis), yaitu apabila dalam perumusan tujuan penelitian penulis sudah menyajikan dalam bentuk kalimat yang sangat jelas dalam arti dapat memberi petunjuk tentang pengujian hasil penelitian.

Hipotesis disajikan dalam kalimat pernyataan, sedangkan tujuan penelitian disajikan dalam kalimat pertanyaan.



Metode Penelitian



Dalam bab ini peneliti menjelaskan seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian. Tidak hanya variabel bebas dan variabel tergantung saja, tetapi juga variabel- variabel lain yang menentukan keberlakuan hasil penelitian.

Untuk bidang AGROKOMPLEKS identifikasi dan definisi variabel-variabel ini menjadi penting, terutama bila penelitian dilaksanakan di lapangan dan bersifat inter-temporer.

Bab Metode Penelitian dapat berisi a.l. :

(a)     Tempat dan waktu pelaksanaan penelitian. Tidak semua penelitian perlu dijelaskan tentang tempat dan waktu pelaksanaannya.
(b)     Alat dan bahan  yang digunakan dalam penelitian, terutama tentang spesifikasi alat dan bahan tersebut
(c)     Metode penelitian, mencakup rancangan penelitian dan rencana analisis datanya,
(d)     Pelaksanaan penelitian, dikemukakan prosedur pelaksanaan penelitian secara terperinci dan lengkap,
(e)     Pengamatan dan pengumpulan data, dijelaskan tentang prosedur dan cara pengamatan penelitian serta dapat menunjang apa saja yang perlu dikumpulkan.
(f)      Analisis data dan interpretasinya.



DESKRIPSI PROPOSAL PENELITIAN
(DP4M, DIKTI)


1. Judul Penelitian

Hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas untuk memberi gambaran mengenai penelitian yang direncanakan.

2. Pendahuluan

Penelitian dilakukan untuk menjawab keingin-tahuan peneliti untuk mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan.

Kemukakan hal-hal yang mendorong, atau argumentasi pentingnya dilakukannya penelitian.
Uraikan  proses dalam meng identifikasikan masalah penelitian


3. Perumusan Masalah

Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti.

Uraikan pendekatan atau konsep  untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji, atau dugaan yang akan dibuktikan. 

Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan  definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian.

Uraian perumusan masalah tidak perlu dalam bentuk pertanyaan


4. Tinjauan Pustaka

Usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli, misalnya jurnal ilmiah.

Uraikan dengan jelas  kajian pustaka  yang menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian yang dilakukan. 

Tinjauan pustaka menguraikan teori, temuan dan  bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan pustaka, yang dijadikan landasan  untuk melakukan penelitian. 

Uraian dalam tinjaun pustaka  dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian.

Tinjauan pustaka mengacu pada Daftar Pustaka.

5.  Tujuan Penelitian

Penelitian dapat bertujuan  untuk

menjajagi,
menguraikan,
menerangkan,
membuktikan,
menerapkan suatu gejala, konsep, atau dugaan atau membuat suatu prototipe.


6.  Kontribusi Hasil Penelitian

Uraian  kontribusi penelitian dalam:
1.                                  Penemuan ilmu pengetahuan,
2.                                  Pengembangan teknologi,
3.                                  Pemecahan masalah pembangunan,
4.                                  Pengembangan kelembagaan

Hasil berupa:

Ilmu pengetahuan:
DESKRIPSI, SINTESIS, ANALISIS, ….

Teknologi: Hardware, Software

Problem solving:
MODEL, Metode, Strategi, Prosedur
Kelembagaan:
Disain/rancangan/Konsep Institutional building


7. Metode Penelitian

Uraian metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci.

Uraian dapat meliputi: 
1.                                variabel penelitian,
2.                                model yang digunakan,
3.                                rancangan penelitian,
4.                                teknik pengumpulan data,
5.                                analisis data, dan
6.                                cara interpretasi/ penafsiran hasil. 

Untuk penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dapat dijelaskan: 
1.                               pendekatan yang digunakan, 
2.                               proses pengumpulan data & informasi
3.                               analisis data & informasi,
4.                               proses penafsiran dan
5.                               penyimpulan hasil penelitian.

8.          Jadwal Pelaksanaan

Jadwal Kegiatan penelitian meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian, dalam bentuk bar-chart.

Bar chart ini memberikan  rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan penelitian.

Jadwal pelaksanaan mengacu pada metode penelitian. 

Untuk penelitian  multiyear, keterkaitan antara tahapan yang satu dengan tahapan selanjutnya harus jelas (bersifat serial dan/atau bukan paralel).



9. Daftar Pustaka

Dalam penyusunan Daftar Pustaka dianjurkan, untuk menggunakan Buku Pedoman tentang itu.

Demikian pula untuk penulisan pustaka di dalam teks.

Dengan menggunakan PEDOMAN TERTENTU tidak hanya konsistensi penulisan dapat dijaga tetapi sekaligus juga mencerminkan kualifikasi dari penulisnya.

10. Lampiran

Apabila penyajian tabel, grafik, gambar dan foto dalam teks dipandang akan mengganggu kontinuitas jalannya pembahasan, sebaiknya disajikan dalam Lampiran.




Lampiran harus
berhubungan
dengan pembahasan.




KRITERIA PENILAIAN USUL PENELITIAN
(DP4M, DIKTI)

No
Kriteria Penilaian
 Acuan Penilaian
 Hasil Penilaian kelemahan proposal penelitian




1
Perumusan masalah
Perumusan masalah
Tujuan Penelitian


a. Perumusan masalah lemah, kurang mengarah.
   Tujuan penelitian tidak jelas

2
Kontribusi hasil
Penelitian
Kontribusi hasil pene itian pada:
-Pengembangan IPTEK
-Menunjang pemba
  ngunan
b. Kontribusi hasil penelitian pada pengembangan IPTEKS, pembangunan, pengembangan kelembagaan tidak jelas
3
Tinjauan pustaka
Tinjauan pustaka
Daftar pustaka
c. Bahan kepustakaan:
   
    Kurang menunjang penelitian,
    Pustaka tidak relevan, Kurang mutakhir,
    Bukan hasil penelitian

4
Metode penelitian
Metode penelitian
d. Metode penelitian
    Kurang dirinci,
    Sehingga langkah penelitian yang akan dilakukan tidak jelas

5
Kelayakan penelitian
Jadwal penelitian
Personalia
Perkiraan biaya
e. Kelayakan penelitian kurang, ditinjau dari:
   Personalia,
   Jadwal, dan
    Perkiraan biaya
    Sarana pendukung

                                                                                                               
6.
Perkiraan biaya
Rincian Biaya
f. Anggaran biaya yang diajukan kurang rinci, atau dinilai terlalu tinggi

7
Adminis trasi
Format usulan
g. Usulan belum mengikuti format yang ditentukan

8
Lain-lain

h. Lain-lain (masalah sudah banyak diteliti, permasalahan kurang relevan dengan bidang studi peneliti, dll).









Tidak ada komentar:

Posting Komentar