Minggu, 21 Februari 2010

Tugas Tambahan Achmad Fauzi Sulton (224107015)


BAB II
SINTESIS
2.1. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA(MSDM)
Faktor sumber daya manusia merupakan suatu faktor utama yang dapat menunjang perusahaan di dalam menghasilkan tujuan yang ingin dicapai, meskipun harus juga ditunjang oleh faktor lainnya, seperti modal, tanah dan teknologi. Pada dasamya sumber daya manusia adalah orang-orang secara individu yang mempunyai tingkat kebutuhan yang berbeda-beda dan bekerja untuk memenuhi kebutuhannya.
Menurut Masiow kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi:
1. Basic physiological need (kebutuhan fisiologi).
2. Safety and security need (kebutuhan akan rasa aman).
3. Belonging and social need (kebutuhan social).
4. Esteem and status need (kebutuhan akan penghargaan).
5. Self actualization need (kebutuhan akan aktualisasi diri).
Jenjang kebutuhan tersebut dtatas disusun berdasarkan urutan kebutuhan. Dimana jika kebutuhan tingkat bawah telah terpenuhi maka akan ada keinginan untuk memenuhi tingkat lainnya.
Suatu perusahaan jika menginginkan para karyawannya bekerja dengan produktivitas tinggi maka perusahaan tersebut memenuhi kebutuhan para karyawannya. Salah satu cara untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan karyawannya adalah dengan pemberian kompensasi yang adil dan layak.
Program pembenan kompensasi menurut Filippo (1984:281) dirancang untuk memenuhi 3 hal:
1.       Untuk menarik para karyawan yang cakap kedalam perusahaan.
2.       Untuk memotivasi karyawan mencapat prestasi tinggi.
3.       Untuk menciptakan masa dinas yang panjang.
Sedangkan menurut Hasibuan (2001:118) daiam bukunya yang berjudul “Manajemen sumber daya manusia mengemukakan bahwa : “Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalanatas jasa yang diberikan kepada perusahaan” Kompensasi berbentuk uang artinya kompensasi kompensasi itu dibayar dengan sejumlah uang kepada karyawan yang bersangkutan.. Sedangkan berbentuk barang artinya kompensasi tersebut dibayar dengan barang. Kompensasi dibedakan menjadi 2:
1.       Kompensasi Langsung (direct compentation) Semua penghargaan atau balas jasa yang diterima oteh karyawan baik berupa uang atau barang, yang mempunyai hubungan langsung dengan pekerjaannya, misalnya: gaji, upah, insentif.
2.        Kompensasi Tidak Langsung (indirect compentation) Semua penghargaan atau balas jasa yang diterima oleh karyawan, baik berupa barang atau uang, diluar upah atau gaji yang diterima, dan pemberian ini tidak mempunyai hubungan langsung dengan pekerja, misalnya kesejahteraan karyawan.
Wherter Davis (1993:8) dalam bukunya yang berjudut “personalia management and human resources” mengemukakan bahwa: “produktivitas adalah merupakan rash output organisasi (good and service) dengan inputfmanusia, modal, materi, dan energi)”. Sedangkan kaitan antara kompensasi dengan produktivitas karena kompensasi merupakan salah satu aiat pendorong agar karyawan dapat meningkatkan produktivitas kerja, maka seharusnya pemimpin perusahaan dapat merealisasikan hal tersebut, sehingga dapat diharapkan karyawan memiki gairah kerja yang tinggi.
Karyawan yang memiki motivasi dalam bekerja akan memberikan kinerja yang baik dalam melakukan pekerjaannya sehingga dengan kinerja itu maka menghasilkan peningkatan output yang sesuai dengan target yang ditetapakan, baik peningkatan kualitas maupun kuantitas. Karena peningkatan dalam output inilah yang akan dapat meningkatkan produktivitas.
Dalam suatu perusahaan yang menerapkan sistem kompensasi yang baik, maka perusahaan tersebut telah menerapkan kebijaksanaan yang berharga dan penting bagi manajemen didalam menjalankan tugasnya untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan , sehingga sedapat mungkin mempertahankan semangat dan gairah kerja serta menciptakan iklim kerja yang harmonis dan meningkatkan produktivitas karyawan. Dan uraian diatas penulis mengajukan hipotesis sebagai berikut
“jika kompensasi yang diberikan meningkat maka akan dapat meningkatkan produktivitas”.

2.2.  KINERJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar