Minggu, 21 Februari 2010

TUGAS TAMBAHAN ROBERTO SIREGAR (224107197)


BAB  I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG
Jurnal penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh customer orientation terhadap kepuasan karyawan akan pekerjaannya dalam financial services dimana service orientation sebagai penghubungnya.
        
1.2  PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.            Apakah ada pengaruh customer orientation terhadap job satisfaction?
2.            Apakah ada pengaruh service orientation terhadap job satisfaction?

1.3  TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan penelitian ini adalah:
1.            Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh customer orientation terhadap services orientation.
2.            Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh services orientation terhadap job satisfaction.

1.4  MANFAAT PENELITIAN
1.            Bagi seorang manajer
Ø  Mengetahui kepuasan pelanggan dapat mempengaruhi kepuasan karyawan akan pekerjaannya.
Ø  Sebagai reference untuk menciptakan iklim kerja yang baik untuk mendukung kinerja karyawan.
2.            Bagi seorang Investor
Ø  Mengetahui lebih dalam mengenai kriteria bisnis sehat yang dilihat dari segi pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut.

3.            Bagi Peneliti selanjutnya
Ø  Sebagai bahan references dan tolak ukur.
Ø  Memperluas penelitian ini mencakup seluruh bidang bisnis yang belum diteliti.

BAB  II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1              LANDASAN TEORI
a)      Service orientation
Beberapa macam tingkah laku dan sikap memiliki dampak pada kualitas berinteraksi antara pegawai perusahaan dengan pelanggannya (Hogan et all,1984,p.167).
b)      Job satisfaction
Sebuah tanggapan terhadap sesuatu dapat mengubah situasi kerja (Smith et all, 1969, p.6). Sebuah tanggapan positif dapat dihasilkan dari pengalaman seseorang bekerja (Locke, 1976,p.1300). Kepuasan karyawan terhadap pekerjaaannya tergantung pada perasaan positif atau negative akan pekerjaaannya tersebut (Odom et all, 1990).
c)      Customer orientation
Pada masa kini, kita harus lebih focus pada kepentingan pelanggan kita (Saxe and Weitz, 1982). Kunci keberhasilan dalam persaingan ini adalah berorientasi pada keinginan pelanggan (Berthon et all, 1999).

2.2              KERANGKA PEMIKIRAN
Berdasarkan landasan teori diatas, pada masa kini kita harus lebih focus pada kepentingan pelanggan, karena customer orientation dapat mempengaruhi kepuasan karyawan akan pekerjaaannya melalui service orientation.

Skema kerangka pemikiran


CUSTOMER
ORIENTATION

JOB
SATISFACTION

SERVICE
ORIENTATION





2.3              PERUMUSAN HIPOTESIS
            Penelitian ini tentang customer orientation memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan karyawan pada pekerjaannya melalui service orientation.
§ H1    : Persepsi karyawan dalam perusahaan yang berorientasi pada pelanggan memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat persepsi orientasi pada pelayanan
§ H2    : Persepsi karyawan dalam perusahaan yang berorientasi pada pelayanan memiliki pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan karyawan akan pekerjaaannya
§ H3    : Persepsi karyawan yang berorientasi pada pelayanan menghubungkan pengaruh customer orientation terhadap kepuasan karyawan akan pekerjaaannya

BAB  III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1       METODE PENELITIAN
            Penelitian ini menggunakan metode testing hypothesis, karena penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh customer orientation dan services orientation terhadap job satisfaction.

3.2       VARIABEL DAN PENGUKURAN VARIABEL
            Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu :
1)                  Variabel independent
Variable independent dalam penelitian ini adalah Customer Orientation (CO). Variable independent tersebut diukur dengan menggunakan MORTN scale.
2)                  Variabel intervening
Variable intervening dalam penelitian ini adalah Service Orientation (SO).  Variable intervening tersebut dapat diukur dengan menggunakan SERVOR scale.
3)                  Variabel dependent
Variable dependent dalam penelitian ini adalah Job Satisfaction (JS). Variable dependent tersebut dapat diukur dengan menggunakan cronbach

3.3       TEKNIK PENARIKAN SAMPEL
            Teknik penarikan sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobabilitas karena mengambil sample berasal dari karyawan specialist company dibidang financial services di Spanyol sebanyak 72 employees dengan proporsi 59,7 % wanita berumur 24 tahun hingga 59 tahun ( 30 % berumur 30-35 tahun ) dan mereka 50 %  lulusan S1.

3.4              TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Bentuk data yang kita gunakan adalah data primer (belum diolah) terdiri dari 72 employees dengan proporsi 59,7 % wanita berumur 24 tahun hingga 59 tahun ( 30 % berumur 30-35 tahun ) dan mereka 50 %  lulusan S1. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah kuisioner.

3.4       METODE ANALISIS DATA
            Metode analisia data yang digunakan dal;am penelitian ini dalah Regression Analysis karena penelitian ini mencari apakah ada pengaruh antara variable independent (customer orientation) dan dependent variable (job satisfaction). Alat yang digunakan yaitu SPSS 11 software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar